Ikan Baronang amatlah terkenal di jajaran seafood. Biasanya dijadikan Baronang Bakar yang siap menggoncang perut anda. Ikan ini bersaing dengan Kerapu dan Kakap. Secara harga pun terjangkau, sehingga banyak pengusaha kuliner seafood yang memilih ikan ini sebagai bahan baku dagangannya, supaya harga jualnya juga terjangkau.

Ikan Baronang tergolong ikan laut yang bisa dimakan. Ikan ini memiliki julukan Rabbit Fish, karena bentuk kepalanya yang dianggap mirip kelinci. Ikan ini cukup ekonomis di pasaran, banyak peminatnya. Baronang biasanya ditangkap oleh para nelayan dengan bantuan jaring insang, meski ada pula nelayan nakal yang gunakan bahan peledak. Baronang hidup di perairan pantai sedalam 50 meter. Tubuh ikan ini bisa mencapai panjang 40 cm. Namun biasanya sudah bisa ditangkap saat tubuhnya sudah mencapai 25 cm.

Ikan Baronang memiliki perilaku yang lucu. Ia termasuk ikan herbivora yang biasanya cuma makan zooplankton, alga, rumput laut, lamun, dan tunikata. Namun bila nelayan memancingnya dengan umpan ikan kecil misalnya, ia mau makan juga.

Ikan ini kalau sudah ditangkap, oleh nelayan bakal dilempar ke pasar, untuk diolah jadi ikan segar, kering, maupun asin. Ada satu hal yang harus diperhatikan nelayan kalau mau menangkap ikan ini, yaitu harus hati-hati dengan sirip utamanya yang mengandung racun.

Disinyalir berdasarkan banyak penelitian, Baronang memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Kulit Baronang yang tebal dapat dijadikan sebagai sumber kolagen, nutrisi yang dibutuhkan kulit manusia agar halus, kenyal, lembab, dan sehat.  Ikan ini juga mengandung asam amino hingga 16 jenis. Selain itu, masih banyak lagi manfaatnya. Simak penjelasannya berikut ini:

1.Mencegah diabetes

Ikan baronang memiliki fungsi untuk mencegah diabetes secara alami. Caranya juga cukup mudah tinggal mengonsumsi daging dari ikan baronang yang telah dimasak. Cara untuk mengolah daging dari ikan baronang ini bisa sesuai dengan selera baik digoreng dan digulai. Diabetes merupakan salah satu masalah akibat kurang bekerjanya hormon insulin didalam tubuh sehingga kadar gula didalam tubuh menjadi naik.

  1. Menyehatkan mata

Daging dalam ikan baronang memiliki kandungan vitamin a. Sebagaimana kita ketahui vitamin a bermanfaat untuk menyehatkan mata. Mata yang sehat terhindari dari rabuh jauh dan rabun dekat. Beberapa sayuran seperti rimbang dan wortel juga baik untuk menyehatkan mata karena rimbang dan wortel megandung vitamin a didalamnya.

  1. Baik untuk ibu hamil

Bagi para ibu hamil manfaat ikan baronang ini juga baik untuk janin didalam perut ibu. Ini karena didalam daging ikan baronang mengandung senyawa asam amino. Asam amino pada saat janin didalm kandungan bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat. Selain itu asam amino juga membantu perkembangan otak janin. Bayi yang tercukupi kebutuhan asam folat didalam kandungannya menjadi bayi riang dan cerdas. Karena memang tumbuh kemabng bayi yang perlu diperhatikan tidak hanya saat bayi lahir namun juga kehidupan selama didalam kandungan ibunya. Cenderung apa yang dirasakan oleh sang ibu juga turut dirasakan oleh anaknya selama didalam kandungan. Meskipun kehidupan janin didalam kandungan hanya selama sembilan bulan. Yuk konsumsi ikan baronang untuk anak yang lebih sehat.

  1. Mengatasi depresi

Manfaat selanjutnya dari ikan baronang ini adalah untuk mengatasi depresi yang dialami seseorang. Biasanya depresi berkaitan erat dengan kondisi jiwa. Orang yang depresi cenderung untuk menjauhi keramaian dan cenderung menutup diri, mudah menangis dan marah. Penyebab depersi bisa bermacam – mcam mulai dari merasa telah terkhianati oleh cinta, kemudian dipecat dari jabatan dan tidak lulus tes untuk mendapatkan beasiswa yang sudah lama diimpikan. Depresi yang dibiarkan dalam waktu lama bisa membuat seseorang mengalami masalah kesehatan. Untuk mengobati depresi banyak cara yang dilakukan selai membawa kepsikiater. Depresi juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi daging ikan baronang ini. Daging ikan baronang ini dipercaya mampu emmulihkan depresi yang dirasakan dan menormalkan kembali perasaan. Sehingga orang yang menderita depresi sebelumnya dapat kembali tertawa dan bergabung dengan kelompok yang sudah lama ditinggalkannya.

  1. Kanker

Kanker didalam tubuh terjadi karena pertumbuhan abnormal sel – sel didalam tubuh. Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua terbanyak sesudah penyakit jantung. Penderita kanker mengetahui bahwa penyebab kanker didalam tubuh lebih disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat sama sekali. Perlu diketahui bahwa kesehatan lebih berharga daripada uang. Dengan kesehatan yang dijaga dari usia dini maka bisa menjamin kesehatan yang baik untuk usia tua nanti. Dan kabar baik dari manfaat mengkonsumsi ikan baronang adalah terhindari dari kanker yang bisa kapan saja menggerogoti tubuh Anda.

  1. Mengandung Vitamin A untuk Mengobati Jerawat

Selama ini masyarakat hanya mengenal vitamin A sebagai obat untuk mata. Padahal kandungan vitamin A juga baik untuk kesehatan kulit karena mengandung zat retinoid. Dengan makan Ikan Baronang yang mengandung vitamin A ini, niscaya kulit anda terbebas dari jerawat.

Bagaimana, banyak juga kan manfaatnya dari ikan baronang, mungkin sebagian orang tidak mengetahui jika ternyata banyak sekali manfaat manfaat yang terkandung dalam ikan baronang. Demikian yang bisa kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini bisa memberikan tambahan pengetahuan dan nilai manfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita