Siapa yang tidak kenal ikan marlin, terutama bagi yang gemar memancing. Pemancing itu mendambakan sekali bisa dapat marlin. Menurut para pemancing kawakan, marlin itu hebat fight-nya. Jenis ikan ini juga cantik sekali. “Kalau terpancing, dia melompat ke atas permukaan 10 sampai 20 meter. Pemancing bisa melihat “musuh” di depannya itu. Ini sebuah pesona yang hanya bisa dinikmati sedikit orang,” ujar Dadi Kartahadimadja, yang pernah mendapat marlin seberat 300 kg namun lepas, ketika mengikuti turnamen mancing di Manado. Tapi jika marlin terpancing, dia naik kepermukaan. Ada waktu untuk tarik ulur. Di sinilah pemancing fight bagaimana memenangkan pertarungan. Kapten kapal musti cekatan juga, membantu agar tali tidak putus. Caranya bisa memundurkan kapal agar posisi tali kendur dan ada kesempatan menggulung.

Mengenai ikan marlin, disini kami akan bahas mengenai ikan marin putih dulu. Biasanya berat maksimum ikan marlin putih dewasa (jantan) hanya 90 kilogram. Sedangkan yang betina sebagaimana ikan-ikan jenis ini bisa tumbuh menjadi raksasa. Ikan terbesar yang pernah ditangkap beratnya hanya sekitar 82,3 kilogram yang juga didapat di Vitoria, Brasil pada 8 Desember 1979. Ikan ini tersebar di Samudra Atlantik, Teluk Meksiko dan Laut Karibia serta juga di Laut Tengah di Eropa. Ikan ini bisa bermigrasi ke perairan tropis. Dan kerap berada dekat dengan pantai. Ciri yang paling menonjol adalah sirip dorsal, pektoral dan ekornya berbentuk bulat bukan tajam. Sirip pektoralnya dapat dibengkokkan hingga rapat dengan tubuhnya. Garis sisinya sangat jelas. Warna ikan ini lebih mendekati warna hijau dibandingkan marlin lainnya.

Ikan Marlin Putih menjadi varian Ikan Marlin yang unik karena warna tubuhnya memang benar-benar putih keseluruhan. Morfologi fisik atau bentuk fisiknya sama saja dengan jenis Marlin lainnya, hanya saja warnanya memang yang berbeda. Maka dari itu, si ikan albino ini juga menjadi primadona sendiri di kalangan pemancing. Ikan Marlin Putih amat berkhasiat untuk kesehatan. Karena mengandung banyak nutrisi yang baik. Gizi di dalam Marlin Putih lebih banyak dengan sedikit efek samping, dibanding gizi pada sumber makanan hewani lainnya, misalnya daging-dagingan. Berikut di bawah ini sudah kami susun data mengenai informasi gizi Ikan Marlin Putih. Semata-mata untuk menambah pengetahuan masyarakat:

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Musim hujan orang lebih rentan terkena penyakit, untuk itu perlu ekstra hati-hati dalam menjaga kondisi agar tetap stabil. Salah satunya dengan mengonsumsi ikan marlin putih, sehingga tidak mudah sakit.

  1. Mengandung Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan marlin putih bermanfaat dapat mencegah serangan jantung yang disebabkan oleh faktor tekanan darah tidak terkontrol, biasanya orang yang terserang adalah yang suka makanan berlemak tinggi.

  1. Membantu Perkembangan Sel Otak

Dalam protein ikan marlin putih terdapat beberapa kandungan yang berkhasiat membantu perkembangan otak, terutama untuk anak-anak dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Maka dari itu akan sangat baik bila seorang Ibu menjadikan marlin putih sebagai lauk pauknya.

  1. Baik untuk Pencernaan

Daging ikan marlin putih sangat baik untuk pencernaan, mudah diserap serta tidak memberatkan kinerja usus, dan tidak menyebabkan susah buang air besar. Marlin biru juga bagus dikonsumsi bayi yang belum memiliki proses pencernaan yang sempurna.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kesehatan tulang dan gigi anda dapat senantiasa terjaga dengan memakan ikan marlin putih setiap hari, karena bisa memenuhi kebutuhan kalsium, fosfor serta vitamin D yang dibutuhkan tubuh manusia.

  1. Cocok untuk Program Diet Sehat

Khasiat dari kalsium yang terdapat pada ikan marlin putih bisa sebagai pembakar lemak, diet dengan mengonsumsi makanan berbahan dasar marlin putih ini tergolong tinggi kalsium, sehingga dapat membantu mengoptimalkan mengeluarkan lemak dan menekan nafsu makan

  1. Mencegah Timbulnya Jerawat

Penyebab timbulnya jerawat itu bisa karena sel kulit mati menyumbat pori-pori menyebabkan bakteri propionibacterium acne berkumpul pada lapisan kulit. Dapat dicegah dengan manfaat dari ikan marlin putih.

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Bagi yang memiliki kolesterol tinggi ikan marlin biru ini sangat baik dikonsumsi supaya kadar lemak normal kembali, karena dibantu oleh omega 3 pada daging marlin putih tersebut. Penderita ini cenderung adalah yang mempunyai berat badan berlebihan. Untuk itu jaga pola hidup yang seimbang demi kesehatan anda.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Makan ikan marlin putih secara rutin, paling tidak satu kali dalam seminggu dapar berkhasiat melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Dengan itu maka akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan nyawa anda.

  1. Menutrisi Rambut

Kebanyakan orang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota, maka dari itu kita perlu menjaganya dengan sebaik mungkin. Kandungan vitamin A yang terdapat pada ikan marlin putih berkhasiat untuk menutrisi rambut sehingga tidak kelihatan kusam.

Bagaimana, banyak juga kan manfaatnya dari ikan marlin, mungkin sebagian orang tidak mengetahui jika ternyata banyak sekali manfaat manfaat yang terkandung dalam ikan marlin. Demikian yang bisa kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini bisa memberikan tambahan pengetahuan dan nilai manfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita