Ikan lele merupakan satu dari bermacam- macam makan yang dapat di katakan sebagai makanan favorit di Indonesia. Selain rasanya enak, dagingnya empuk & gizinya banyak, ikan lele juga memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Lele merupakan ikan dengan bentuk tubuh memanjang dan licin pada seluruh tubuhnya. Di beberapa daerah di Indonesia , ikan lele memiliki banyak penyebutan, antara lain ikan kalang (Padang), ikan maut (Gayo, Aceh), ikan pantet (Kalimantan Selatan), ikan kkeling (Makasar), ikan cepi (Bugis), dan ikan lele/lindi (Jawa Tengah). Namun tidak hanya di Indonesia, ikan lele juga memiliki banyak nama di negara lain, di antaranya palmond (Thailand), mali (Afrika), ikan keli (Malaysia), gura magura (Sri Langka), dan ca tre trang (Jepang). Ikan lele dalam bahasa Inggris disebut juga dengan sebutan catfish, mudfish, siluroid dan walking catfish.

Morfologi Ikan Lele

Pada umumnya ikan lele tidak memiliki sisik di bagian tubuh, memiliki kumis di bagian depan, dan patil di samping. Ikan lele juga berbentuk bulat dan memanjang, kulitnya licin, berlendir dan memiliki warna bervariasi tergantung variates ada hitam, kekuningan, dan kecoklatan hitam. Selain itu, ikan lele juga memiliki sirip yang tunggal di bagian punggung dan juga ekor.

Klasifikasi Ikan Lele

Filum   : Chordata

Kelas   : Actinopterygi

Ordo    : Ostariophysi

Famili  : Claridae

Genus  : Clarias

Spesies : Clarias Sp

Di indonesia ikan lele sudah merambah di seluruh penjuru negeri, karena ikan ini sangat mudah untuk di budidaya dan juga sangat murah harganya. tapi sayangnya ikan berkumis ini masih di pandang rendah oleh sebagian masyarakat khususnya di indonesia. padahal di balik semua itu tersimpan segudang manfaatnya bagi kesehatan, kandungan gizi di dalam ikan lele ini mampu membantu menjaga kesehatan manusia. Berikut manfaat ikan lele bagi kesehatan :

  1. Kaya Protein

Lele ternyata banyak mengandung banyak protein, di dalam ikan lele terdapat kurang lebih 15,6 gr protein pada 1 ekor lele ukuran sedang. Jumlah tersebut mampu menyuplai kebutuhan protein seseorang yang ingin membangun massa otot. Jadi, apabila ingin memiliki tubuh ideal dan padat berotot, maka mengkonsumsi ikan lele adalah salah satu solusinya yang tepat.

  1. Kaya Fosfor

Kandungan fosfor lele ternyata lebih besar daripada telur. Fosfor yang terdapat pada ikan lele yang mencapai hingga 167 mg/ 100 gram, sedangkan telur hanya mempunyai kandunga 100 mg. Fosfor bermanfaat untuk memberi energi dalam metabolisme lemak dan pati, oleh karena itu hal tersebut mampu menunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNA.

  1. Kaya Asam lemak omega 3

Bukan hanya ikan salmon, namun jangan angap remeh kalau ikan lele juga mengandungan asam lemak omega 3 dan omega 6. Nutrisi tersebut terkenal untuk menjaga kesehatan jantung dan juga otak manusia. Terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

  1. Kaya Vitamin B 12

Jika kurang bersemangat stamina menurun mungkin ikan lele bisa menjadi solusi. Kandungan vitamin B 12 juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Vitamin ini berguna untuk membuat kita lebih berstamina, dan tidak mudah lelah dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. 1 ekor lele bisa memenuhi 40% kebutuhan vitamin B12 kita.

  1. Membantu Kesehatan Kardiovaskuler

Kalium dan natrium yang terdapat pada ikan lele yang mencapai 24,5 : 1 tergolong cukup tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan cardio dan pembuluh darah kita. Sebuah makanan di kategorikan baik untuk kesehatan jantung adalah jika perbandingan kalium terhadap natrium lebih dari 5 : 1.

  1. Rendah lemak

Lemak yang terdapat pada ikan lele adalah lemak dengan sifat yang sederhana, yaitu trigliserida yang netral. Lemak yang rendah ini banyak terdapat di bagian perut, terutama pada tubuh ikan bagian sebelah bawah serta yang terdapat di dalam hati ikan. Terdapat juga lemak yang bersifat komplek. Karena rendah lemak maka kolesterol secara tak langsung dapat ikut tertekan.

  1. Sumber Protein Pendek

Ini berakibat daging lele lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh Anda dan sangat aman untuk sistem pencernaan tubuh, jika anda ingin mengkonsumsi daging yang mudah di cerna, lele menjadi pilihan utama.

Manfaat ikan lele ternyata banyak juga, meski sering di pandang sebelah mata, kandungan omega 3 dan protein yang sangat tinggi membuat ikan ini menjadi gudang gizi yang diperlukan. Selain itu ikan lele, juga menjadi ikan yang sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan menjaga pembuluh darah tetap baik. Demikian yang dapat kami bagi dalam kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-