Ikan Selar adalah salah satu ikan laut yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan ikan tawar, kandungan nutrisi ikan laut jauh lebih tinggi hal tersebut dikarenakan ikan laut mempunyai kemampuan untuk mempertahankan suhu tubuhnya maka keaadaan lemak dalam tubuh tetap cair jika berada di air laut. Hal tersebut membuat kandungan omega ikan laut lebih tinggi. Seperti ikan laut lainnya, kandungan utama ikan selar bila dibandingkan dengan ikan tawar yaitu  zat makro molekul tubuh, misalnya saja protein tinggi, vitamin, mineral dan lemak.

Ikan Selar Segar adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Ikan Selar Segar mengandung energi sebesar 100 kilokalori, protein 18,8 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 2,2 gram, kalsium 40 miligram, fosfor 179 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Ikan Selar Segar juga terkandung vitamin A sebanyak 150 IU, vitamin B1 0,37 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ikan Selar Segar, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 48 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Ikan Selar Segar :

Nama Bahan Makanan : Ikan Selar Segar

Nama Lain / Alternatif : –

Banyaknya Ikan Selar Segar yang diteliti (Food Weight) = 100 gr

Bagian Ikan Selar Segar yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 48 %

Jumlah Kandungan Energi Ikan Selar Segar = 100 kkal

Jumlah Kandungan Protein Ikan Selar Segar = 18,8 gr

Jumlah Kandungan Lemak Ikan Selar Segar = 2,2 gr

Jumlah Kandungan Karbohidrat Ikan Selar Segar = 0 gr

Jumlah Kandungan Kalsium Ikan Selar Segar = 40 mg

Jumlah Kandungan Fosfor Ikan Selar Segar = 179 mg

Jumlah Kandungan Zat Besi Ikan Selar Segar = 1 mg

Jumlah Kandungan Vitamin A Ikan Selar Segar = 150 IU

Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ikan Selar Segar = 0,37 mg

Jumlah Kandungan Vitamin C Ikan Selar Segar = 0 mg

 

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Agar lebih jelas mengenai manfaat ikan Selar, silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Manfaat Ikan Selar Bulat Bisa Menambah Angka Harapan Hidup

Lebih singkatnya, seseorang yang mengonsumi ikan ini akan lebih panjang usianya. Sebab, dia bakal terhindar dari aneka macam penyakit berbahaya, baik yang sifatnya kronis maupun akut.

  1. Mengandung Asam Lemak Omega 3 dan Omega 6

Kedua asam lemak ini amat dibutuhkan tubuh untuk bisa mengoptimalkan fungsi hormon dan sel. Keduanya dipandang sebagai syarat utama dari pertumbuhan otak. Bila ingin otak berkembang dengan baik, hingga memiliki daya pikir dan ingat yang tajam, memang harus mencukupi kebutuhan Omega 3 dan Omega 6 ini yang memang banyak terkandung dalam ikan, seperti ikan Selar Bulat.

  1. Dapat Menguatkan Sistem Pertahanan Tubuh

Sistem Pertahanan Tubuh atau yang dikenal sebagai antibodi atau imun dapat dikuatkan dengan konsumsi makanan tertentu yang bergizi. Seperti ikan Selar Bulat ini dipercaya memperkuat imun, sebab memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

  1. Mengandung Vitamin D untuk Kulit dan Tulang

Vitamin D tidak hanya didapatkan dari sinar matahari. Ternyata vitamin ini juga bisa didapatkan dari ikan Selar Bulat. Manfaatnya amat baik untuk tulang dan gigi, supaya tidak mudah lapuk tulang dan kulit tidak kering.

  1. Manfaat Ikan Selar Bulat Bisa Mengatasi Edema

Edema merupakan penyakit pembengkakan pada kulit, disebabkan karena timbunan cairan. Edema biasanya disebabkan karena infeksi bakteri dan jamur. Namun juga bisa karena kulit kekurangan vitamin B maupun D. Faktor stress juga memperparah Edema. Ikan Selar Bulat dipercaya akan menyembuhkan Edema, secara perlahan-lahan tapi pasti.

  1. Untuk Menambah Massa Otot

Otot Manusia dipercaya bisa bertambah ukurannya jika dilatih dan diberi nutrisi yang tepat, terutama berasal dari sumber protein hewani dan nabati. Olahraga angkat beban sangat ampuh memperbesar otot. Apalagi jika ditunjang dengan konsumsi ikan Selar Bulat yang selama ini terkenal amat kaya protein.

  1. Merangsang Pertumbuhan Membran Sel Baru dengan Lebih Cepat

Regenerasi sel lebih singkatnya, merupakan manfaat yang didapat pula dari ikan Selar Bulat ini. Dengan pertumbuhan sel yang lebih cepat, maka anda akan mengalami fase perbaikan jaringan rusak secara lebih cepat pula. Misalnya, bila anda mendapatkan luka yang cukup serius hingga harus dijahit, maka jahitannya bakal mudah kering.

  1. Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Inilah yang mungkin paling dicari oleh orang dewasa. Jika mereka bertanya soal makanan apa yang baik untuk meningkatkan kesuburan, maka jawabannya adalah ikan Selar Bulat.

  1. Mengurangi Resiko Terkena Tumor Ganas

Ada dua macam tumor, yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Sedangkan tumor sendiri merupakan pertumbuhan jaringan tubuh yang melebihi kapasitas normalnya dan berpotensi merusak sistem kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk tumor ganas, sering pula disebut kanker. Nah, untuk mengurasi terkena tumor ini, sebaiknya mulailah diet makan ikan. Anda bisa kok memasukkan ikan Selar Bulat ini ke dalam menu diet.

  1. Mengobati Mual

Mual ada beragam penyebab. Namun penyebab paling sering adalah karena banyaknya kandungan gas dan asam di dalam saluran cerna. Tubuh terlalu asam, sehingga terasa meriang dan mual. Untuk sembuh dari mual dan keasaman tubuh ini, sebaiknya anda banyak karbohidrat dan protein. Kombinasi antara nasi dengan ikan Selar Bulat goreng sepertinya tepat.

Manfaat ikan selar ternyata banyak juga, kandungan omega 3 dan protein yang sangat tinggi membuat ikan ini menjadi gudang gizi yang diperlukan. Demikian yang dapat kami bagi dalam kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-

WhatsApp Klinikita