Ikan Pari adalah jenis ikan laut yang keberadaannya sering dijadikan ikan tontonan. Keberadaanya kerap ditempatkan dalam aquarium besar di objek wisata berbasis air. Ukuran tubuhnya yang raksasa dianggap sangat unik dan perkasa. Ikan pari adalah kelompok ikan yang merupakan ikan bertulang rawan sama dengan hiu. Mereka diklasifikasikan dalam subordo Myliobatoidei dari Myliobatiformes ketertiban dan terdiri dari delapan keluarga: Hexatrygonidae (ikan pari sixgill), Plesiobatidae (ikan pari air dalam), Urolophidae (stingarees), Urotrygonidae (sinar bulat), Dasyatidae (ikan pari whiptail), Potamotrygonidae (ikan pari sungai), Gymnuridae (sinar kupu-kupu), dan Myliobatidae (pari elang).

Kebanyakan ikan pari memiliki satu atau lebih sengatan berduri (dimodifikasi dari dentikel kulit) pada ekor, yang digunakan secara eksklusif untuk membela diri. Stinger dapat mencapai panjang sekitar 35 cm, dan bagian bawahnya memiliki dua taring seperti alur dengan kelenjar racun. stinger ditutupi dengan lapisan tipis kulit selubung yg menutupi, di mana racun terkonsentrasi.  beberapa anggota tidak memiliki sengatan.Ikan pari yang umum di perairan laut pesisir tropis dan subtropis di seluruh dunia, dan juga termasuk spesies yang ditemukan di lautan beriklim lebih hangat, seperti Dasyatis thetidis, dan yang ditemukan di laut dalam, seperti Plesiobatis daviesi. Ubur-ubur sungai, dan sejumlah ikan pari whiptail (seperti ikan pari Niger). Kebanyakan myliobatoids yang demersal (di sebelah zona terendah), tetapi beberapa, seperti ikan pari pelagis dan pari elang.

Sementara sebagian besar ikan pari relatif banyak jumlah populasinya dan saat ini tidak terancam punah, untuk beberapa spesies (misalnya Taeniura meyeni, D. colarensis, D. garouaensis, dan D. laosensis), status konservasi yang lebih bermasalah, yang menyebabkan mereka yang terdaftar sebagai rentan atau terancam punah oleh IUCN.cStatus beberapa spesies lain yang kurang dikenal, yang menyebabkan mereka yang terdaftar sebagai Data Kurang. Badan rata ikan pari memungkinkan mereka untuk secara efektif menyembunyikan diri di lingkungan mereka. melakukan hal ini dengan mengaduk pasir dan bersembunyi di bawahnya.

Manfaat daging ikan pari. Seperti ikan laut yang lain, ikan pari juga nyatanya enak saat disajikan sebagai beragam type olahan masakan. Lantaran ikan pari sama dengan ikan laut yang lain, struktur daging dari ikan pari pun unik serta apik, di bawah ini beberapa penjelasan tentang manfaat ikan pari bagi tubuh kita agar kita semakin mengetahui apa saja manfaat yang terkandung dalam ikan pari.

  1. Ikan Pari Mampu Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan merupakan terjadinya sesuatu gangguan pada saluran pencernaan. Serat pada protein ikan pari hanya memiliki rantai penyusun protein yang pendek, Sehingga penyerapan lebih cepat dan mudah. Namun hal tersebut tidak memberatkan kinerja pada usus halus, sehingga dapat membantu proses pencernaan.

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Salah satu kandungan yang terdapat pada ikan pari yang membantu proses pertumbuhan adalah omega 3 atau asam lemak tak jenuh. Kandungan tersebut ini berfungsi dengan baik dalam menjaga stamina tubuh agar tetap sehat. Salah satu kandungan yang dapat mengontrol kolesetrol tubuh agar tetap normal berasal dari manfaat omega 3. Kandungan tersebut di dalamnya terdapat EPA dan DHA mampu menurunkan kolestrol tinggi dan mengikat lemak.

  1. Mengandung Fluorida

Fluorida merupakan salah satu mineral pembentuk gigi dan tulang seperti contoh mineral lain yaitu kalsium dan fosfor. Zat tersebut memang harus dipenuhi sejak dini, yakni sejak anak-anak karena gigi mereka sedang mengalami pertumbuhan, sedangkan orang-orang dewasa memerlukan fluoride karena membutuhkan perlindungan dari pembusukan di dalam mulut. Oleh karena itu anda perlu rutin mengkonsumsi ikan pari.

  1. Mengandung Kalsium

Kalsium merupakan zat yang diperlukan untuk memperkuat tulang agar tidak keropos. Biasanya kalsium terdapat pada susu, tapi pada jenis makanan lain juga bisa ditemukan zat tersebut, misalnya pada ikan pari.

  1. Manfaat Ikan Pari Mencegah Stroke

Stroke terjadi karena ada penyumbatan, penyempitan serta pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak sehingga asupan darah dan oksigen yang menuju ke otak semakin menurun dan dapat membuat sel-sel syaraf otak menjadi mati. Untuk itu anda perlu mengonsumsi ikan pari sebagai pencegahannya.

  1. Mengandung Vitamin A

Vitamin A mempunyai peran yang sangat penting bagi kesehatan indera penglihatan manusia, karena kandungan retinol yang ada pada vitamin A berfungsi menangkap cahaya dan objek yang diterima retina mata kemudian menyampaikannya menuju ke otak sebagai suatu gambar. Untuk itu kita perlu mengkonsumsi ikan pari.

  1. Mengandung Vitamin D

Fungsi kandungan vitamin D dalam ikan pari, berperan untuk menjaga kekuatan tulang. Makanan jenis ini sangat cocok dikonsumsi untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Namun untuk remaja, orang dewasa,maupun lanjut usia juga bisa untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak mudah rapuh.

  1. Mengandung Fosfor

Dalam ikan pari terdapat kandungan fosfor yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia yaitu membantu pencernaan, memberi energi, dan kekuatan untuk metabolisme tubuh, serta sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi. Untuk itu ikan ini baik untuk di konsumsi.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh sangat berperan penting dalam kesehatan tubuh manusia, semakin tinggi kekebalan tubuh maka akan semakin susah pula terserang penyakit, dan sebaliknya jika seseorang semakin rendah sitem kekebalannya maka akan mudah sakit. Dengan mengonsumsi ikan pari dapat menjadi solusi untuk meningkatkannya.

  1. Manfaat Ikan Pari Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala sering muncul tiba-tiba, bisa diakibatkan sistem kekebalan tubuh anda sedang turun, kurang istirahat dan terlalu banyak aktivitas. Untuk itu cobalah mengonsumsi ikan pari karena dapat berkhasiat mengatasinya.

Tak ada salahnya untuk menambahkan menu ikan pari sebagai salah satu menu makan Anda mengingat banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Demikian beberapa pembahasan mengenai manfaat ikan pari yang bisa kami bagi pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat, terimakasih.

-Klinikita Berbagi Senang & Sehat Di Tahun 2017-